Join The Community

Search

Minggu, 06 Februari 2011

6 Ritual Agar Pikiran dan Badan Lebih Rileks

Rileksasi pikiran dan tubuh tak hanya bisa dilakukan dengan massage atau spa. Anda bisa menggunakan enam cara yang praktis dan instan berikut ini. Kiatnya, manfaatkan waktu yang sempit di sela kegiatan sehari-hari untuk melakukan sejumlah ritual di kantor maupun di rumah menjelang waktu tidur.



1. Pilih sabun mandi dengan wangi kenangan
Manfaatkan waktu mandi di kamar mandi sebagai ritual yang menenangkan sekaligus menyenangkan. Pengalaman spa juga bisa Anda ciptakan di rumah dalam ruangan yang tak terlalu luas. Caranya, pilih sabun mandi dengan aroma yang mengingatkan Anda pada tempat favorit. Entah tempat berlibur yang memberikan pengalaman tak terlupakan, atau tempat spa langganan yang selalu membuat pikiran tenang.

"Lakukan pernafasan diafragma saat sedang mandi. Cara ini bisa menenangkan sistem saraf dan melepas stres," jelas Amit Sood, MD, direktur pusat studi pengobatan integratif di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota.

2. Pijat refleksi di sela pekerjaan
Apapun pekerjaan yang sedang Anda lakukan, sempatkan melakukan pijat refleksi, minimal pijatan pada tangan. Dengan cara sederhana ini, tubuh Anda bisa kembali bugar. Tahap pertama, oleskan losion agar tangan lebih mudah dipijat.

"Mulailah pijatan pada bagian bawah ibu jari dengan menggunakan jari tangan satunya. Lakukan pijatan dengan arah memutar," kata Stephanie Hunt, terapis massage di Red Mountain Spa, St. George, Utah. "Pijatan pada ibu jari ini akan melepas ketegangan pada pundak, leher, dan kepala," lanjutnya.

3. Segarkan wajah dalam sekejap sambil bekerja
Meski harus terpaku di depan meja kerja, jangan abaikan kesegaran wajah. Semprotkan air dengan kandungan mentimun pada wajah. Cara ini menyegarkan wajah, melembabkan kulit, serta memberikan rehat sejenak pada wajah dari udara pengap di kantor. Mengapa air mentimun? Aroma mentimun mengurangi ketegangan, jelas Alan Hirsch, MD, direktur neurologi Smell & Taste Treatment and Research Foundation, Chicago. Agar tubuh kembali bugar, lanjutkan ritual ini dengan rehat sejenak untuk menjernihkan kembali pikiran Anda, tambah Amit Sood, MD. "Tutup semua e-mail sejenak," sarannya.

4. Berendam satu jam sebelum tidur
Pikiran yang penat membuat Anda terjaga meski sudah waktunya beristirahat. Amit Sood menyarankan untuk melakukan ritual menjelang malam yang membuat pikiran lebih tenang.

Salah satu caranya, berendam dalam bak mandi berisi air hangat satu jam sebelum tidur. "Berendam di bak mandi membuat suhu tubuh meningkat," jelas Mary Esther, MD, dokter spesialis gangguan tidur di Charlotte, North Carolina. "Ritual ini bisa meningkatkan kualitas tidur atau membuat tidur lebih nyenyak," tambahnya.

Agar lebih rileks tambahkan bak mandi dengan sabun cair beraroma menenangkan. Setelah usai mandi, oleskan losion dengan aroma sejuk.

5. Rileksasi dengan menyisir rambut

Menyisir rambut menjadi kebiasaan sederhana yang bisa memberikan sensasi menyenangkan. "Gerakan repetisi saat menyisir rambut memberikan efek relaksasi pada tubuh," kata Herbert Benson, MD, direktur di Benson-Henry Institute for Mind Body Medicine di Massachusetts General Hospital, Boston.

Kebiasaan ini bisa mengurangi stres setiap harinya dan membuat pikiran lebih tenang, lanjutnya. Menurut riset yang dilakukan Benson, respons relaksasi ini bisa mengurangi stres yang muncul akibat proses penambahan usia.

6. Bersantai dengan aromaterapi
Minyak esensial seperti lavender terbukti memberikan efek relaksasi. "Lavender menenangkan dan memberikan sensasi kelembutan, jadi cocok digunakan menjelang tidur,” kata Rachel Herz, PhD, penulis The Scent of Desire.

Oleskan minyak lavender pada bagian denyut nadi seperti leher, pergelangan tangan, dan pelipis. Kehangatan pada area ini berinteraksi dengan aroma minyak lavender, sehingga membuat Anda lebih nyaman dan membuat mata lebih mudah terlelap.

sumber: http://gangiman.blogspot.com/2011/02/6-ritual-agar-pikiran-dan-badan-lebih.html

0 komentar:

Poskan Komentar