Join The Community

Search

Selasa, 01 Maret 2011

'Diet Garpu', Cara Unik Turunkan Berat Badan

'Diet Garpu', Cara Unik Turunkan Berat Badan

JAKARTA - Pernah mendengar istilah diet garpu? Program diet ini dirancang Ivan Gavriloff, ahli politeknik dalam inovasi penurunan berat badan bersama tim dokternya. Dikutip dari Sofeminine, diet garpu merupakan strategi penurunan berat badan yang mudah, efektif sekaligus menyenangkan, yang tidak akan membuat pelaku diet kelaparan.

Apakah Diet Garpu Itu?
Sesuai namanya, diet garpu adalah menyantap makanan yang hanya bisa diambil menggunakan garpu. Makanan yang tak bisa diambil dengan garpu, harus keluar dari menu.

Tapi diet ini tidak mengharuskan kita selalu memakai garpu saat makan. Aturan hanya berlaku saat makan malam. Di pagi dan siang hari, cara makan bisa dilakukan seperti biasanya.

Sebenarnya inti dari diet garpu --biasa disebut 'forking'-- bukan ditekankan pada alat makan yang digunakan, tapi lebih kepada makanan dan cara mengonsumsinya. Dengan menggunakan garpu, otomatis Anda tidak bisa memakan sup krim, kuah santan dan jangkauan mengambil makanan terbatas (sayur dan buah potong lebih mudah dimakan menggunakan garpu). Makan dengan garpu juga lebih sulit dibandingkan dengan sendok, sehingga aktivitas makan lebih lama dan Anda pun merasa kenyang lebih cepat.

Kenapa Hanya Diterapkan Saat Makan Malam?
Forking adalah pola diet yang dikembangkan berdasarkan chrononutrition. Yaitu makan besar saat sarapan, makan sederhana saat makan siang dan semakin sedikit saat makan malam. Nah, penggunaan garpu untuk makan malam memungkinkan Anda menyantap lebih sedikit makanan.

Diet ala forking adalah menukar pola makan sehingga Anda terbiasa punya selera makan yang besar di pagi hari, sedang di siang hari dan rendah di malam hari. Pola ini lebih efektif menjaga Anda tetap mengikuti aturan diet, karena Anda tidak harus kelaparan. Anda pun boleh mengonsumsi camilan seperti biskuit, cookies atau kraker asal jumlahnya tak berlebihan.

Apa Keuntungan Diet Garpu?
Ada beberapa alasan kenapa diet garpu bekerja efektif. Mungkin hasilnya memang tidak langsung terlihat di awal-awal program, karena ini bukanlah diet yang menurunkan berat badan secara drastis.

Diet garpu mengurangi selera untuk mengonsumsi makanan manis dan berlemak di malam hari. Seperti kita ketahui, di malam hari, tubuh akan mengubah kalori berlebih menjadi lemak. Dengan makan sedikit maka Anda akan mengurangi jumlah kalori berlebih.

Tidak seperti diet ekstrim yang menurunkan berat secara drastis, dengan diet garpu berat badan Anda turun secara perlahan (maksimal 1-2 kilo dalam 3 minggu). Tapi hasilnya akan berlangsung lama, bahkan tetap bertahan. Jadi Anda terhindar dari risiko diet yoyo, yaitu tubuh kembali ke bentuk semula setelah tidak menjalankan program diet.

Dengan menyeimbangkan asupan makanan, Anda bisa menjaga diet seimbang yang berdampak positif pada berat badan maupun kesehatan.

0 komentar:

Poskan Komentar